Langsung ke konten utama

_NICE HOMEWORK #4

Bismillahirohmanirohim,

Hidangan setiap nice homework di kelas matrikulasi iip memiliki tantangan demi tantangan setiap minggunya, kita dituntut terus untuk menjadi pribadi pembelajar.

 nhw kali ini, saya dibawa kembali melihat nhw sebelumnya, dan saya dibuatnya merenung kembali, sudah benarkah ilmu itu yang akan kita perdalami, woow ... Menakjubkan, kita diajak untuk benar-benar profesional dalam bidang dan minat bakat yang kita miliki.
Belum lagi melihat nhw#2, indikator-indikator yang sudah dibuat masih ada yang silang, dan terasa belum sesuai atau kurang menjurus kalau perasaan saya mah, maka di nhw#4 kita di tata kembali dengan serinci-rincinya untuk menuju seorang yang profesional.

InsyaAllah saya akan jawab dengan mengikuti pertanyaan dibawah.

*MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH*

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar? InsyaAllah :)

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

 InsyaAllah tetap sama di jurusan yang saya pilih, tapi ada satu ilmu yang terlupa dan ingin saya perdalami sebagai bekal dalam kehidupan ini, saya suka berjualan sejak saya sekolah menengah hingga saat ini, tapi pengelolaannya masih acak-acakan, jadi selain ilmu manajemen keuangan keluarga, saya ingin belajar manajemen usaha plus keuangannya untuk ibu-ibu rumahan seperti saya.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Kurang lebih dua minggu menceklist indikator, tapi masih ada yang silang, masih meraba sebelah mana kesalahannya, apa perlu di longgarkan, atau chore yang kurang bersinambungan dengan indikator saya, masih cek ricek, jadi di indikator minggu ketiga ini, ada yang akan saya rubah sedikit dan lebih saya perjelas, biar lebih nyambung dengan jurusan ilmu yang ingin saya pelajari.


c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

" saya selalu berbinar jika melihat seorang perempuan non arab, berbicara lancar dan fasih dengan bahasa arab, dan kadang saya membayangkan ingin seperti itu, langkah yang sudah saya ambil adalah dengan mengajar bahasa arab, jadi saya ingin membumikan bahasa Al-quran, selain itu saya suka berbinar ketika mempelajari bisnis hijab dan busana muslim secara online, saya sudah mencoba menjalankannya beberapa tahun tapi masih belum konsisten, jadi masih seperti sampingan.

Misi hidup saya adalah: menjadi seorang ibu yang profesional dan mampu membumikan bahasa Al-quran, juga mandiri finansial dengan berbisnis dari rumah.
Bidang: bahasa arab dan bisnis online
Peran: pengajar dan mompreuner

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Ilmu Ibu Profesional : Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha.

2. Ilmu Bahasa Arab : Bahasa Arab, Nahwu, sharf, dialog native.

3. Ilmu Mompreneurship : marketing online, ilmu produksi, dll


e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Ini sering menjadi bahan renungan saya, terkadang saya pun menyesal, kenapa baru terfikir setelah punya anak saya baru ingin konsentrasi di bidang saya, kenapa nggak dari dulu, tapi penyesalan tidak ada gunanya yah, malah waktu terus berjalan dan umur terus berkurang, jadi dari sekarang saya akan menetapkan KM 0 saya pada tahun 2018, dan akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di bidang Bahasa arab dan bisnis online.

Saya akan mendedikasikan 4 jam saya (2jam siang-2jam malam), atau 28 jam per pekan untuk mendalami ilmu bahasa arab dan bisnis online dan mempraktekannya. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 8 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang saya tetapkan adalah sebagai berikut:
KM 0 – KM 1 ( tahun 2018-2020) : 
siang: Mengulang pelajaran bahasa Arab, nahwu dasar, dan sharf dan percakapan2.
Malam: marketing online dan produksi.

KM 1 – KM 2 (tahun 2020-2022):
Siang: mempelajari pelajaran2 pendukung dan membuat rekaman video pengajaran bahasa arab.
Malam: mempelajari pengiriman uang dan barang dari dan ke luar negeri.

KM 2 – KM 3 (tahun 2022-2024) : 
 mencanangkan pendirian lembaga Al-quran dan bahasa arab
KM 3 – KM 4 ( tahun 2024-2026) :
menggalakan pembelajaran Alquran dan bahasa arab dan berjualan dari rumah.

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

InsyaAllah setelah milestone ini tertulis, semua indikator dan checklist akan ditentukan waktu-waktunya lebih jelas agar rapih dan tertata.

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah...ya Allah mampukanlah hamba-Mu ini agar menjadi hamba yang bermanfaat.

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/

Komentar

  1. Mantap, semoga Allah memberikan kekuatan untuk mewujudkannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebulan menuju 21%

Alhamdulillah maasya Allah tabarakallah Ini semua karunia Allah. Dibulan kemaren, February saya membuat target pencapaian 18%, tapi Allah menentukan saya untuk sampai di level 21%, hal pertama yang saya rasakan dibisnis jaringan, para rekan saya menyemangati terus agar sampai dilevel ini. Ayo Eka.. bisaa, dikit lagi ka... semangat..., Berbagai support dari mana-mana Alhamdulillah... rezeki tidak disangka-sangka Allah berikan. Untuk mencapai ini selama sebulan, saya hanya mengikuti apa yang upline saya sampaikan, betul-betul saya menduplikasi kerja upline, dari merekrut terus berbelanja, dan membina. Tantangan... Selalu ada, dari barang yang lama datang, admin dikantor slow respon, selama kita hidup selalu akan ada tantangan kan..., Jadi jalankan saja... Gantungkan semuanya sama Allah, ini kunci utama saya, saya menggantungkan segalanya sama Allah, karena Allah sang pemilik rezeki, kembali pada niat kita berniaga untuk apa... kembalikan dan gantungkan sama Allah. Belum ada pe

15 hari bareng my way...

setelah resmi dapat id, saya ngapain coba... ya..saya jualan, saya tawar-tawarin ke keluarga dulu pastinya, nah.. sedikit cerita dibalik gabungnya saya di my way, jadi ketika pengen gabung itu saya lagi ga punya anggaran lebih, kuota internet pun saya nebeng ke suami.  jadi setelah saya tanya-tanya produk my way dari upline saya sekarang, itu foto produk saya share ke medsos yang saya punya, dan saya tawarkan ke teman-teman di list contact, ada yang cantol kah....?  Alhamdulillah dua orang melirik produknya, karena tertarik dari gambar foto yang hasilnya bikin kinclong perabotan rumah tangga, singkat cerita temen saya beli empat buah lahlouba, nah...saya kan ga punya tuh barang, daftar aja belum :D , jadi saya bilang sama upline saya, ada yang beli nih...tolong kirimkan, tidak ada untung yang saya dapat, saya jual sama dengan harga katalog dan tidak saya tambahkan sama sekali...saya pikir ini mengenalkan..., nah...ternyata teman yang beli ini masyaAllah memberikan uang lebih, tuh

lets swiiiiiim

Empat bulan terlewati setelah kita kembali dari rokan hulu riau, dan selama empat bulan ini lah kita tinggal lagi di ngawi, nasib masih nomaden jadi kembali menumpang di perumahan mertua indah, Alhamdulillah masih ditampung :) dan selama empat bulan itu juga kita jarang banget berenang, karena kesibukan papahnya mengejar target terjemah... dan rabu kemaren finally we gone refresh daan kita berenang deh, lumayan..buat menghilangkan suntuk dengan pekerjaan rumah, maklum sehabis resign ngajar sekarang fulltime lagi dirumah momong anak-anak... but i love it. kolam renang hargo dumilah di jogorogo, tempatnya asyik meski kecil tapi bersih, hanya beberapa kilo dari kedunggalar ngawi, airnya langsung dari pegunungan wuuih adem banget... buat kenangan2 fotonya di upload sini ah.... papah, kaka dan adek ,mamah moto :)