Langsung ke konten utama

NICE HOMEWORK #3

Di Nhw#3 ini materinya lebih menantang, karena banyak pertanyaan yang harus kita jawab dari hati kita, semoga tulisan ini mewakili.

*MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH*

Bunda, setelah kita belajar tentang "Membangun Peradaban dari Dalam Rumah" maka pekan ini kita akan belajar mempraktekkannya satu persatu.


*Nikah*

Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.

Untuk surat cinta saya posting in other post.
Kalau mau baca bisa dilihat di post terbaru setelah postingan ini, meski agak lebay gpp yah. :)

b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.

MasyaAllah wal hamdulillah, Allah berikan kepada kami dua anak laki-laki dengan potensi yang luar biasa menurut saya pribadi, anak pertama saat ini berumur tujuh tahun lebih delapan bulan, dia hadir di masa kami meniti dan menata keluarga kecil kami, dengan keadaan serba pas-pas an, tetapi hisyam anak pertama kami, selalu nerimo kalau dalam istilah jawanya, setiap kami sounding tentang keuangan yang pas, atau menunda keinginan sejenak, hisyam tidak pernah merengek memaksa, saya bilang berkali-kali, InsyaAllah kita akan beli nanti, dan alhamdulillah sampai saat ini, kakanya mampu mengajarkan hal itu kepada adiknya, hisyam bertambah bijak untuk menjadi seorang kaka, apalagi ketika adeknya zaky anak kedua saya lahir, saya selalu sounding dari masa kehamilan, meski jarak 3 tahun antara kaka dengan adek, tapi hisyam serasa bisa memahami kehadiran adeknya. Alhamdulillah
Kemandiriannya bertahap demi tahap dilakoninya, adeknya pun begitu, meski perbedaan yang menonjol antara mereka berdua itu tidak bisa dipungkiri, mereka adalah anak yang unik, yang Allah hadirkan dengan bakat dan bawaanya masing-masing.
Adeknya masih berasa ingin dimanja sama saya, karena belum ada adek lagi, belum tau nanti, tapi zaky, empat tahun lebih tujuh bulan sudah dapat memperlihatkan kemampuannya dalam kegiatan fisik, zaky lebih senang berolahraga, bergerak, dan kegiatan fisik lainnya, jadi teringat, dimasa pertumbuhannya menuju dua tahun, zaky pernah kaku kakinya selama tiga hari karena bolak balik tangga dan perosotan di masjid, belum lagi tangannya pernah terkilir dan tidak bisa bergerak selama seminggu, karena kesukaannya loncat-loncat dikasur, masyaAllah, ini tantangan saya untuk mencari minat bakatnya yang tepat dan baik, beda dengan kakanya yang lebih kalem dari adeknya, diumur tujuh tahun hisyam memperlihatkan binar matanya di bidang kaligrafi, dan alhamdulillah sampai hari ini dia selalu easy dan enjoy jalaninya, tulisannya pun bertambah baik dari hari kehari. Alhamdulillah hadza min fadhlika... Semua ini hanyalah karunia dari engkau ya Allah, hamba hanya berusaha menjaga, mendidik amanah-Mu dengan sebaik-baiknya, tapi sesungguhnya engkaulah sebaik-baik penjaga dan pendidik. ALHAMDULILLAH
Jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh yang engkau ridhoi, Aamin.


c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, memgapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.

Saya adalah pribadi yang simple, suka tersenyum, senang menyambung silaturahmi, semangat dan suka menyebar semangat, saya bukan orang yang cerdas, tapi saya memiliki kemampuan untuk belajar lebih rajin hingga bisa mengejar impian, tapi sayangnya saya moody, itu penyakit saya, kalo sudah ga mood saya serasa lelah dan leyeh-leyeh seakan tidak ada kerjaan, blank seperti tiada daya upaya, :D.
Alhamdulillahnya saya sudah tau mood booster saya, jadi kalau penyakit itu datang saya akan menjalani beberapa tips mood booster saya.

Saya juga senang mendengar curhatan orang dan memotivasinya, karena dengan memotivasi orang lain, saya telah memanggil diri saya sendiri untuk selalu bersemangat, dan memposisikan diri untuk  berpositif thinking, tapi kadang saya suka ngeyel kalau kata suami, kata urang sunda mah kekeuh :D.

Dan saya juga suka berbagi, apapun itu,  tetapi suka sedih jika saya belum mampu pas ingin sekali membantu, dan PR saya adalah saya belum mampu mengatur dan mengelola keuangan dengan baik.

Ya Allah, berikanlah kepada hamba rezeki akhlaq yang baik yang engkau ridhoi.

d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Delapan tahun perjalanan keluarga kecil kami, lika liku perjalanan kami jalani dengan rasa syukur dan selalu melihat kondisi orang di bawah kami, Alhamdulillah selama delapan tahun, kurang lebih kami sudah hampir delapan kali juga pindah-pindah tempat, dari pindah kontrakan, pindah antar kota, juga antar provinsi. Berbagai karakter ditempat baru menjadi pelajaran terbaik untuk kami, Allah ajarkan kami untuk menjadi pribadi yang kuat, tingkat sensitif saya sangat tinggi ketika sebelum menikah, tapi alhamdulillah setelah banyak mengenal berbagai perangai, tingkat ke baperan saya mulai berkurang, dan galau pun lebih mudah teratasi, dan hal ini akan menjadi tantangan setiap insan mana pun, karena kita makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan manusia. Berada ditempat yang saya tinggali saat ini pun tak lepas dari tantangan tersebut, tinggal sikap kita dalam menghadapi tantangannya.

Ditempat manapun saya berada selama ini, Allah tidak pernah lepaskan saya dari mengajar bahasa Al-quran dan sebangsanya, meski masih tingkat dasar sekali tapi selalu itu dan itu yang saya ajarkan, saya jadi berpikir dan bertekad ingin sekali saya profesional dalam bidang itu, tapi dalam tingkat dasarnya, karena saya ingin fokus di satu kalangan, misal bahasa arab untuk anak-anak, atau remaja, ya begitu. Karena untuk sukses dan profesional tidak mungkin kan kita ambil semuanya, ini seperti penyesalan tersendiri karena saya tidak fokus dari dulu, okeh... Peace, kita berdamai hahaah, semoga disisa umur ini Allah dapat memampukan saya untuk memanfaatkan sisa-sisa umur ini.


Selamat membaca hati dan menuliskannya dengan nurani. Sehingga kata demi kata di nice homework #3 kali ini akan punya ruh, dan menggerakkan hati yang membacanya.


Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebulan menuju 21%

Alhamdulillah maasya Allah tabarakallah Ini semua karunia Allah. Dibulan kemaren, February saya membuat target pencapaian 18%, tapi Allah menentukan saya untuk sampai di level 21%, hal pertama yang saya rasakan dibisnis jaringan, para rekan saya menyemangati terus agar sampai dilevel ini. Ayo Eka.. bisaa, dikit lagi ka... semangat..., Berbagai support dari mana-mana Alhamdulillah... rezeki tidak disangka-sangka Allah berikan. Untuk mencapai ini selama sebulan, saya hanya mengikuti apa yang upline saya sampaikan, betul-betul saya menduplikasi kerja upline, dari merekrut terus berbelanja, dan membina. Tantangan... Selalu ada, dari barang yang lama datang, admin dikantor slow respon, selama kita hidup selalu akan ada tantangan kan..., Jadi jalankan saja... Gantungkan semuanya sama Allah, ini kunci utama saya, saya menggantungkan segalanya sama Allah, karena Allah sang pemilik rezeki, kembali pada niat kita berniaga untuk apa... kembalikan dan gantungkan sama Allah. Belum ada pe

15 hari bareng my way...

setelah resmi dapat id, saya ngapain coba... ya..saya jualan, saya tawar-tawarin ke keluarga dulu pastinya, nah.. sedikit cerita dibalik gabungnya saya di my way, jadi ketika pengen gabung itu saya lagi ga punya anggaran lebih, kuota internet pun saya nebeng ke suami.  jadi setelah saya tanya-tanya produk my way dari upline saya sekarang, itu foto produk saya share ke medsos yang saya punya, dan saya tawarkan ke teman-teman di list contact, ada yang cantol kah....?  Alhamdulillah dua orang melirik produknya, karena tertarik dari gambar foto yang hasilnya bikin kinclong perabotan rumah tangga, singkat cerita temen saya beli empat buah lahlouba, nah...saya kan ga punya tuh barang, daftar aja belum :D , jadi saya bilang sama upline saya, ada yang beli nih...tolong kirimkan, tidak ada untung yang saya dapat, saya jual sama dengan harga katalog dan tidak saya tambahkan sama sekali...saya pikir ini mengenalkan..., nah...ternyata teman yang beli ini masyaAllah memberikan uang lebih, tuh

lets swiiiiiim

Empat bulan terlewati setelah kita kembali dari rokan hulu riau, dan selama empat bulan ini lah kita tinggal lagi di ngawi, nasib masih nomaden jadi kembali menumpang di perumahan mertua indah, Alhamdulillah masih ditampung :) dan selama empat bulan itu juga kita jarang banget berenang, karena kesibukan papahnya mengejar target terjemah... dan rabu kemaren finally we gone refresh daan kita berenang deh, lumayan..buat menghilangkan suntuk dengan pekerjaan rumah, maklum sehabis resign ngajar sekarang fulltime lagi dirumah momong anak-anak... but i love it. kolam renang hargo dumilah di jogorogo, tempatnya asyik meski kecil tapi bersih, hanya beberapa kilo dari kedunggalar ngawi, airnya langsung dari pegunungan wuuih adem banget... buat kenangan2 fotonya di upload sini ah.... papah, kaka dan adek ,mamah moto :)